Unsur-Unsur Seni Kriya - foldersoal.com

Seni Kriya dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia terutama kebutuhan akan peralatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kebutuhan peralatan untuk makan, masak, peralatan untuk mengambil air, peralatan untuk hiasan di almari, dan lain sebagainya. Peralatan-peralatan seperti tersebut dinamakan kriya.

Namun untuk pembuatan peralatan tersebut tidaklah hanya diambil segi kegunaanya saja, namun juga memperhatikan sgi keindahannya. Maka dari itu dalam pembuatannya juga selalu memperhatikan aspek keindahan agar orang yang memakai dan orang yang hanya melihat akan merasa senang dan mempunyai perasaan estetis.

Seni kriya adalah seni terapan yang sangat memperhatikan keindahan. maka sebaiknya terpenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1. Utility atau Unsur kegunaan

  • Security yaitu jaminan tentang keamanan orang menggunakan barang-barang itu.
  • Comfortable, yaitu enaknya digunakan. Barang yang enak digunakan disebut barang terap. Barang-barang terapan adalah barang yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
  • Flexibility, yaitu keluwesan penggunaan. Barang-barang seni kriya adalah barang terap yaitu barang yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Barang terap dipersyaratkan memberi kemudahan dan keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya.

2. Estetika atau Unsur keindahan

Sebuah barang terapan betapapun enaknya dipakai jika tidak enak dipandang maka pemakai barang itu tidak merasa puas. Keindahan dapat menambah rasa senang, nyaman dan puas bagi pemakainya. Dorongan orang memakai, memiliki, dan menyenangi menjadi lebih tinggi jika barang itu diperindah dan berwujud estetik.

Kesenian adalah budaya yang diwariskan oleh leluhur kita dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain itu seni juga mempunyai fungsi menentukan norma untuk prilaku yang baik dan meneruskan adat serta nilai-nilai budaya dalam masyarakat.


Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel