Pengertian Seni Kriya ( Handycraft) - foldersoal.com

Seni kriya adalah karya seni yang dibuat dengan ketrampilan tangan. Seni kriya termasuk seni rupa terapan yang selain mempunyai aspek-aspek keindahan, juga mengutamakan aspek kegunaan atau fungsi praktis. Seni kriya merupakan seni hasil kerajinan tangan yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan kehidupan sehari-hari, namun juga tetap menonjolkan keindahan dan sifat-sifat artistik.

Seni kriya sebagai karya seni rupa terapan dirancang untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seni rupa terapan mempunyai fungsi dan kegunaan . Artinya selain merupakan benda yang mempunyai nilai seni namun juga merupakan menda yang indah dan dapat digunakan untuk kepentingan manusia.

Istilah "seni terapan" mengacu pada aplikasi (dan produk yang dihasilkan) dari desain artistik untuk objek utilitarian digunakan sehari-hari. Sedangkan karya seni rupa tidak memiliki fungsi lain selain memberikan stimulasi estetika atau intelektual untuk pemirsa, karya seni terapan biasanya benda fungsional yang telah "prettified" atau kreatif dirancang dengan baik estetika dan fungsi dalam pikiran. Seni terapan mencakup sejumlah besar produk dan barang-barang, dari teko atau kursi, dengan dinding dan atap stasiun kereta atau gedung konser, pulpen atau mouse komputer.

Demi kesederhanaan, karya seni terapan terdiri dari dua jenis yang berbeda: standar produk mesin buatan yang memiliki desain tertentu diterapkan kepada mereka, untuk membuat mereka lebih menarik dan mudah digunakan; dan individu, estetis menyenangkan tapi kebanyakan fungsional, produk kerajinan yang dibuat oleh pengrajin atau pekerja terampil. Disiplin artistik yang diklasifikasikan sebagai seni terapan, termasuk desain industri, desain fashion, desain interior, dan seni grafis dan desain (termasuk komputer grafis), serta sebagian besar jenis seni dekoratif (misalnya. Furniture, karpet, permadani, bordir, batik , perhiasan, logam mulia, tembikar, Goldsmithing, keranjang, seni mosaik, dan gelas). Manuskrip dan buku ilustrasi kemudian juga diklasifikasikan sebagai seni terapan. Arsitektur, terlalu terbaik dilihat sebagai seni terapan.
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel