Pengertian Kriya Tekstil - foldersoal.com

Kriya tekstil adalah karya seni atau kerajinan yang dibuat dari bahan-bahan tekstil. Tekstil adalah benda yang berbahan dasar dari benang. Kriya tekstil dapat berupa hasil tenun yang dikerjakan dengan menggunakan tangan. Kriya tekstil merupakan hasil gagasan, ide, pikiran, perasaan, apresiasi dari dalam diri seseorang yang memiliki nilai estetika/keindahan.

Sebuah benda dapat dikategorikan menjadi karya seni karena memiliki perwujudan yang mumpuni,seperti apa yang ada dalam prinsip sebuah seni yaitu meliputi :

  1. Kerumitan ( yaitu sebuah benda yang memiliki keindahan pada dasarnya bukanlah benda yang sederhana,melainkan benda yang mempunyai nilai seni tinggi karena terdapat kerumitan di dalamnya yang mengandung unsur berpadu dengan kerumitan itu sendiri seperti saling berlawanan,berkesinambungan dan saling bertentangan ). 
  2. Kesatuan ( yaitu dikategorikan benda bernilai seni karena memiliki perpaduan dari unsur pembentukannya secara baik dan sempurna ). 
  3. Kesungguhan ( yaitu sebuah benda yang memiliki kualitas yang apik di dalamnya, sebuah kualitas yang menonjol dalam penampilannya seperti lembut dan kasarnya,suram atau ceria yang ditampilkan secara sungguh-sungguh )

Kriya tekstil adalah benda pakai dan benda hias yang berbahan dasar tekstil. Perwujudannya maksimal baik dari segi kegunaanya maupun estetikanya. Langkah awal dari perwujudan karya seni kriya tekstil adalah desain yang merupakan sebuah rancangan yang akan mempermudah dalam menciptakanya. Untuk mendapatkan karya seni kriya tekstil yang apik memerlukan sebuah perencanaan,selain desain tesebut harus bisa memilih bahan yang nantinya akan digunakan dengan fungsi serta jenis karya seni yang akan di buat.

Contoh kerajinan tangan/kriya tekstil yaitu :

1. Membuat batik

Kriya tekstil adalah karya seni atau kerajinan yang dibuat dari bahan Pengertian Kriya Tekstil

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

2. Membuat kain songket

Kriya tekstil adalah karya seni atau kerajinan yang dibuat dari bahan Pengertian Kriya Tekstil

Kata songket berasal dari istilah sungkit dalam bahasa Melayu dan bahasa Indonesia, yang berarti "mengait" atau "mencungkil". Hal ini berkaitan dengan metode pembuatannya; mengaitkan dan mengambil sejumput kain tenun, dan kemudian menyelipkan benang emas.

3. Membuat kain tenun

Kriya tekstil adalah karya seni atau kerajinan yang dibuat dari bahan Pengertian Kriya Tekstil

Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Kemudian benang-benang itu dianyam menjadi sebuah lembaran kain.
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel