Jenis-Jenis seni Kriya - foldersoal.com

seni kriya adalah seni kerajinan tangan manusia yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, peralatan kehidupan sehari hari dengan tidak melupakan pertimbangan artistik dan keindahan. Seni kriya adalah seni kerajinan tangan atau disebut handycraft. Seni kriya adalah seni rupa terapan yang selain mempunyai aspek-aspek keindahanjuga menekankan pada aspek kegunaan.

seni kriya adalah seni kerajinan tangan manusia yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan m Jenis-Jenis seni Kriya


Jenis-jenis seni kriya adalah sebagai berikut:

1. Seni kriya kerajinan kulit
Kerajinan kulit adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah dimasak, kulit mentah, atau kulit sintetis. Contoh kerajinan dari kulit adalah tas, tas, dompet, wayang, dan lain-lain.

2. Seni kerajinan ukir kayu
Yaitu seni kerajinan yang bahan baku dasarnya adalah kayu. Pengerjaannya menggunakan tatah atau ukir. Contoh kerajinan yang dihasilkan dari kayu adalah meja, kursi, tempat bunga, talam, dan sebagainya. Kayu yang biasanya dikerjakan untuk kerajinan adalah kayu jati, kayu mahoni, kayu nangka, kayu sono, dan lain-lain.

3. Seni kerajinan anyaman
Seni kerajinan anyaman biasanya berbahan baku rotan, bambu, pelepah pisang, daun aren, daun pandan dan sebagainya. Macam-macam hasil karya seni kerajinan anyaman adalah tas, topi, keranjang, dan lain-lain.

4. seni kerajinan batik
seni kerajinan batik adalah seni menghias atau membuat pola hias di atas kain dengan proses teknik tulis atau teknik cetak. Contoh kerajinan batik adalah baju batik, selendang batik, sarung batik, dan lain-lain.

5. Seni kerajinan keramik
Seni kerajinan keramik adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses diantaranya pengolahan tanah menjadi siap cetak, pembuatan atau pembentukan kerajinan, dan pembakaran. Contoh kerajinan keramik adalah gerabah keramik, tempat bunga keramik, asbak keramik, dan sebagainya.

6. Seni kerajinan logam
Seni kerajinan logam adalah seni kerajinan yang menggunakan bagan dasar logam seperti besi, perunggu, emas, perak. Cara pembuatannya biasanya menggunakan sistem cor, ukir, tempa, atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Contoh; kalung, cincin, hiasan acsesoris dari logam, pisau, keris, dan lain sebagainya.



Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel