Pentingnya Menjaga Kesehatan Badan Ibu Hamil

Menjaga kesehatan selama kehamilan sangatlah penting, alasannya ialah apabila ibu sehat maka anak dalam kandungan pun akan ikut sehat pula. Hindari asap rokok dari orang yang merokok, alasannya ialah sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan anda. Makanlah makanan dengan komposisi yang seimbang yaitu yang mengandung protein (daging, susu, telur, kacang-kacangan), karbohidrat (nasi, mie, roti, kentang, dan lain-lain), serat, vitamin dan mineral (buah-buahan dan sayuran).

 
ibu hamil
Bila anda mengalami kelebihan berat tubuh (obesitas), dokter akan menyarankan anda untuk diet sehat. Jangan pernah berprinsip “makan untuk dua orang” tetapi anda harus mengkonsumsi protein 1 ½ lebih banyak dari orang normal. Minumlah yang banyak (6-8 gelas/hari), jangan minum-minuman yang mengandung alkohol. Bila ingin minum kopi atau teh, jangan melebihi 1 – 2 cangkir perhari. Konsumsilah susu yang dikhususkan untuk ibu hamil, kurangi lemak, gula, dan garam.

Olah raga ringan sanggup membantu mempersiapkan otot pada waktu melahirkan nanti. Tapi pada usia kandungan 4 – 5 ahad lebih baik jangan melaksanakan olahraga terlebih dahulu. Banyak-banyaklah istirahat alasannya ialah pada usia kandungan muda sangat rentan keguguran atau abortus. Beristirahatlah bila anda merasa lelah dan tinggikan tungkai anda di kursi. Usahakan anda tidur 8 – 10 jam setiap malam. Dan pada waktu siang hari, pergunakan waktu istirahat siang dengan sebaik-baiknya.


hamil2

Hubungan tubuh selama hamil masih kondusif dilakukan, sejauh tidak ada keluhan ataupun adanya pendarahan. Selama masa kehamilan, intensitas keringat akan meningkat dan dianjurkan untuk sering mandi agar tubuh hambar dan segar. Jagalah liang senggama atau vagina anda terutama dalam 6 ahad terakhir alasannya ialah jikalau kebersihannya tidak terjaga maka sanggup menjadikan abuh rahim. Gunakan pakaian yang sempurna dan pas sesuai dengan tubuh anda, gunakan pakaian senyaman mungkin. Gunakan pakaian yang cepat menyerap keringat. Gunakan sepatu yang bertumit rendah.

Banyak perempuan hamil yang mengkewatirkan perihal rasa sakit yang harus dialami pada ketika proses persalinan, bahkan sebagian dari mereka menentukan operasi caesar hanya untuk menghindari rasa sakit. Padahal operasi dilakukan hanya untuk persalinan yang tidak normal. Bahkan ada yang melalui suntikan pada kawasan tulang belakang untuk mematikan rasa sakit di kawasan tubuh bab bawah.

Namun tidak semua perempuan menentukan cara-cara ibarat itu, banyak juga yang menentukan persalinan secara normal oleh alasannya ialah itu persiapan-persiapan secara fisik dan mental sangatlah diperlukan. Selain itu juga persiapan untuk menyusui juga sangat diperlukan. Persiapkan sedini mungkin semenjak anda masih dalam keadaan hamil, alasannya ialah anda memerlukan perawatan puting susu sebelum memulai menyusui. Susu langsung ialah yang terbaik yang dibutuhkan bayi anda selama 3 tahun pertama.

sumber : organisasi.org

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel