Buku SMK Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain

Berikut ini adalah berkas Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain Jilid 1 2. Download file PDF.

 Berikut ini adalah berkas Buku SMK Teknologi dan Rekayasa  Buku SMK Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain
Buku SMK Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain

Buku SMK Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku SMK Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain:

Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran SMK Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku merupakan bagian integral dari suatu sistem pendidikan bahkan merupakan salah satu kunci untuk melepaskan diri dari ketinggalan pengetahuan dan teknologi yang terus tumbuh dan berkembang. Penyediaan buku ini untuk Sekolah Menengah Kejuruan dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar di sekolah, baik digunakan oleh siswa maupun sebagai pedoman bagi guru dalam mengajar, khususnya pada Program Keahlian Teknologi Pembuatan Benang dan Teknologi Pembuatan Kain Tenun.

Pembuatan benang menggunakan bahan baku yang berasal dari serat-serat alam atau serat-serat buatan baik yang berupa stapel atau filamen. Pembuatan benang ada bermacam-macam cara, tergantung pada bahan baku yang diolah, namun pada prinsipnya sama, yaitu membuat untaian serat-serat yang kontinyu dengan diameter dan antihan tertentu. Pembuatan benang melalui tahapan : pembukaan gumpalan serat, penarikan serat-serat, pemberian antihan dan penggulungan.

Kain tenun dibentuk dengan cara menganyamkan atau menyilangkan dua kelompok benang yang saling tegak lurus sehingga membentuk kain tenun dengan konstruksi tertentu. Prinsip pembentukan kain tenun melalui gerakan : pembukaan mulut lusi, penyisipan/pakan, pengetekan, penggulungan kain dan penguluran lusi.

Buku ini dikerjakan sebagai sumber informasi untuk siswa SMK Bidang Keahlian Teknologi Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain Tenun, yang diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih dalam dan lebih luas sehingga mampu menggambarkan bahan ajar yang sesuai standar kurikulum.

Dengan buku ini diharapkan guru bisa atau mampu mengembangkan bahan ajar dalam bentuk modul yang siap dipakai oleh guru dan siswa di kelas dan di bengkel-bengkel.

Tidak semua teknologi yang ada dituangkan dalam buku ini mengingat luasnya ruang lingkup teknologi dan teknologi yang sudah diterapkan di industri Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain Tenun di Indonesia.

Daftar Istilah/Glosari
  1. Serat: adalah benda yang perbandingan panjang dan diameternya sangat besar.
  2. Stapel: adalah serat yang mempunyai panjang terbatas.
  3. Filament: adalah serat yang panjangnya berlanjut.
  4. Benang: Susunan serat-serat yang teratur ke arah memanjang dengan diberi antihan.
  5. Peregangan: adalah proses penarikan / penggeseran kedudukan serat-serat dalam sliver maupun roving.
  6. Antihan: adalah pilinan atau twist yang diberikan pada serat atau benang dengan tujuan untuk memberikan kekuatan.
  7. Cam/eksektrik/tapet: adalah peralatan yang dapat merubah gerak berputar menjadi gerak lurus.
  8. Beam: adalah tempat menggulung benang lusi dengan posisi benang lusi sejajar antara satu dengan yang lainnya.
  9. Shuttle/teropong: adalah alat yang bergerak bolak balik ke arah lebar kain untuk membawa benang pakan.
  10. Coupling/Cluth: adalah peralatan yang bisa meneruskan atau memutus gerak putar.
  11. Shedding: adalah pembukaan mulut lusi.
  12. Taking up: adalah penggulungan kain.
  13. Beating Up: adalah gerakan pengetekan.
  14. Letting Off: adalah gerakan penguluran lusi.
  15. Inserting/Tiking Up: adalah gerakan peluncuran benang pakan/teropong.

    Download Buku SMK Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain. Semoga bisa bermanfaat.

    Berbagai Sumber

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel