Belajar Menyimpulkan Informasi Lisan Yang Tida Bersifat Perintah - foldersoal.com

Pada kesempatan kali ini marilah kita belajar menyimpulkan informasi lisan yang tidak bersifat perintah. Cara menyimpulkan informasi dibagi menjadi dua, yaitu deduktif dan induktif. Deduktif artinya dari umum kemudian ditarik kesimpulan khusus, sedangkan induksi dilakukan dari data pernyataan yang khusus ke yang umum.

Kedua cara ini dapat dimanfaatkan untuk meyimpulkan berbagain informasi yang setip hari kita temukan.

Perhatikan contoh informasi Deduktif di bawah ini:

Bahasa tidak selalu berupa kata-kata, tetapi bahasa dapat berupa bentuk ekspresi, dari wajah atau gerakan tubuh. Sebagai suatu rangkaian substansi, bahasa merupakan segala sesuatu yang dapat dibicarakan. Sebagai ekspresi, bahasa merupakan media fisik dan sebagai isi. Bahasa adalah formalisasi media ke dalam unit ekspresi.

Dalam kutipan di atas dimuat ide utama dan ide-ide penjelas. Ide utama dinamakan pernyataan umum, dan ide penjelas dinamakan pernyataan khusus. Jadi alur pernyataan dari kutipan di atas adalah dari umum ke yang khusus. Cara menyimpulkan yang demikian dinamakan cara Deduktif.

Selanjutnya perhatikan contoh informasi Induktif:

Pertama kali seorang belajar bahasa dapat dilakukan dengan mempelajari bunyi-bunyi bahasa. Kemudian mempelajari makna bahasa. Langkah berikutnya adalah mempelajari struktur bahasa. Dan langkah terakhir dengan dapat menganalisis dan menggunakan bahasa yang tepat. Begitulah cara belajar bahasa yang efektif.

Kutipan di atas adalah diawali dengan ide penjelas dan di akhiri dengan ide utama. Cara kutipan di atas adalah dari yang khusus ke yang umum. Cara merumuskan kesimpulan yang demikian dinamakan cara Induktif.
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel