Macam-Macam Fenomena Seni Rupa - foldersoal.com

Fenomena seni rupa dapat diartikan sebagai gejala, fakta, kejadian yang bersifat nyata yang terjadi dalam dunia perkembangan seni rupa. Kita tahu bahwa seni rupa terus mengalami perkembangan terus  dari masa ke masa. Mulai dari zaman pra sejarah hingga zaman modern seperti sekarang ini. Berikut ini Macam-macam Fenomena Seni Rupa menurut perkembangan zamannya:

A. Seni Rupa Pra-Modern

Seni rupa Pra-Modern adalah seni rupa yang dihasilkan sebelum jaman modern. Boleh diartikan seni rupa zaman kuno. Seni rupa pramodern merupakan awal sejarah dalam seni rupa modern yang ditandai dengan kemajuan dibidang industri.  Seni rupa terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan kebudayaan manusia, dan dapat kita lihat baik dari aspek kesejarahan , aspek konseptual , maupun aspek kebentukan. Seni rupa pramodern dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu primitivisme, naturalisme, realisme, dan dekorativisme.

B. Seni Rupa Modern

Seni rupa modern adalah  karya seni rupa  yang dihasilkan dalam periode terentang antara 1860-an sampai 1970-an dengan menggunakan gaya dan filosofi seni yang dihasilkan pada masa itu. Pada dasarnya, dunia seni rupa modern berada  dalam pengauruh  struktur budaya sosial yang lebih luas sebagai hasil perkembangan dunia selama akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Pelukis-pelukis modern pada umumnya bereksperimen dengan gaya baru yang unik dan dengan menghasilkan ide-ide segar mengenai fungsi dari seni rupa dan material-material yang digunakan. Mereka cenderung menciptakan karya seni rupa yang dihasilkan dari perasaan yang dalam dan inspirasi-inspirasi yang kreatif pada umumnya. Bahkan bila hasil karya mereka sepertinya tidak memiliki tujuan atau makna apapun pada umumnya, kenyataannya hasil karya tersebut memiliki maknanya sendiri tergantung apa yang tengah terjadi dalam situasi dan kondisi pada masa tertentu dan sesuai dengan intelektual masyarakat yang lebih luas.

Macam-macam seni rupa yang dihasilkan dari seni rupa modern adalah Seni Pop, Seni Optik, Seni Konseptual, dan Seni Kontemporer.

C. Seni Rupa Posmodern

Seni rupa posmodern adalah seni rupa yang berkembang setelah abad ke-20. Seni rupa posmodern juda dapat diartikan sebagai seni rupa yang berkembang setelah abad modern dimulai yaitu pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Ciri-ciri karya seni rupa posmodern adalah;  1.Seni dianggap sebagai bahasa/system tanda, 2.Sejarah &tradisi dihidupkan kembali, 3.Ornamen &dekorasi dianggap penting, 4.Kontradiksi, 5.Tidak mengedepankan fungsi.
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel