Tahap-Tahap Model Pembelajar Berbasis Proyek (Project Based Learning) - foldersoal.com

Model pembelajaran berbasis proyek adalah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Dalam kegiatan ini, siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan sintesis informasi untuk memperoleh berbagai hasil belajar (pengetahuan, keterampilan, dan sikap).

Ada beberapa tahapan pembelajaran berbasis proyek yaitu Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Berikut ini penjelasan tentang langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek:

A. Persiapan Project Based Learning

Persiapan diawali dengan penjelasan dari guru tentang materi yang akan dipelajari siswa yang diikuti dengan instruksi tugas proyek  yang dilengkapi dengan persyaratan tertentu. selanjutnya langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan proyek, yaitu memilih tema dan topik untuk menghasilkan produk dengan karakteristik matapelajaran dengan menekankan keaslian produk. Penentuan produk juga disesuaikan dengan kriteria tugas. Dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia.
  2. Merancang langkah-langkah penyelesaian proyek dari awal sampai akhir. Pada kegiatan ini peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian produk yang akan dihasilkan  dan langkah-langkah serta teknik untuk menyelesaikan sampai dihasilkan pruduk akhir
  3. Menyusun jadwal pelaksanaan proyek, yaitu menyusun tahap-tahap pelaksanaan proyek dengan mempertimbangkan kompleksitas langkah-langkah dan teknik penyelesaian produk serta waktu yang ditentukan oleh guru.
B. Pelaksanaan Project Based Learning
  1. Menyelesaikan proyek dengan difasilitasi dan dipantau guru yaitu mencari atau mengumpulkan data kemudian mengolahnya untuk mengumpulkan bagian-bagian sampai dihasilkan produk akhir
  2. Mempresentasikan hasil proyek; Menyajikan produk dengan cara presentasi, diskusi, pameran atau publikasi untuk memperoleh tanggapan dari peserta didik yang lain.
C. Evaluasi Project Based Learning

Yaitu meninjau proses pelaksanaan proyek dan menilai produk yang dihasilkan untuk mengetahui ketercapaian tujuan proyek.

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel