Soal UTS Penjaskes Kelas X Semester 2 Beserta Jawaban - foldersoal.com


ULANGAN UMUM MIDLE SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017

Mata Pelajaran :  PENJASKES                 Kelas : X
Hari/Tanggal         :                                 Waktu :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar.

1. Permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak dengan waktu istirahat ……… menit
2. Berapa luas lapangan sepak bola?
3. Jelaskan yang dimaksud kickoff dalam permainan sepak bola?
4. Singkatan dari PSSI……
5. Jelaskan terjadinya tendangan sudut dalam permainan sepak bola?
6. Sebutkan dasar-dasar permainan bola voly?
7. Satu set bola voly terdiri dari……..point
8. Sebutkan macam-macam smash dalam bola voly?
9. Jelaskan yang dimaksud libero dalam permainan bola voly?
10. Berapa jumlah pemain bola voly dalam satu regu?
11. Lari jarak menengah menempuh jarak…….
12. Start apa yang digunakan dalam lari jarak menengah………..
13. Lari 5000 meter tergolong lari jarak……..
14. Sebutkan macam-macam gaya dalam lompat jauh……
15. Apa yang dimaksud walking in the air dalam lompat jauh……….
16. Sebutkan macam-macam gaya dalam olahraga renang……….
17. Benarkah renang gaya katak disebut juga renang gaya dada…….
18. Start yang digunakan dalam renang gaya bebas adalah……..
19. Jelaskan bagaimana cara belajar mengapung………..
20. Sebutkan Organisasi renang dunia dan Indonesia……..

Download Soal UTS Penjaskes Kelas X Semester 2

Jawaban soal penjaskes kelas X semester 2

1. 
15 menit ( Lama permainan sepak bola normal adalah 2 X 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2 X 15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.

2. 
Panjang lapangan berukuran antara 90 hingga 120 meter (100 hingga 110 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional) dan harus berbentuk persegi panjang.

3.
Kick off adalah tendangan pertama setelah peluit wasit berbunyi tanda permainan sepak bola dimulai.

4. 
Persatuan sepak bola seluruh Indonesia (PSSI)
5.
Sebuah tendangan sudut diberikan kepada tim menyerang saat bola meninggalkan area permainan setelah terjadi kontak terakhir pada pemain lawan. Tendangan ini diambil dari sudut-sudut lapangan permainan terdekat dimana bola melewati garis gawang.

6. 
  1. Teknik servis (Service).
  2. Teknik passing bawah.
  3. Teknik passing atas.
  4. Teknik smash.
  5. Teknik menghadang (Block).
7.
25 point.

8.  
Macam-macam smash dalam permainan bola voly:

1. Open smash

Smash open adalah smash yang gerak awalannya dilakukan saat bola lepas dari tangan pengoper dan pukulan dilakukan saat smasher mencapai puncak maksimal lompatan dan bola berada pada jangkauan lengan smasher yang tertinggi.

2. Semi smash

Smash jenis semi adalah smash yang dilakukan bola dipassing ke arah pengumpan maka pemukul mulai bergerak ke depan kearah pengumpan secara perlahan dan dengan langkah yang tetap. Begitu pengumpan menyajikan bola untuk dismash maka pemukul dengan secepatnya melompat dan memukul bola dengan posisi bola berada di ketinggian 1m diatas tepi net. Dalam smash jenis semi, kecepatan gerak lebih cepat dibandingkan smash jenis open

3. Quick smash

Begitu melihat bola passing ke pengumpan, pemukul dengan secepatnya melakukan gerakan dengan langkah yang panjang. Timing meloncat adalah saat sebelum bola diumpan dengan jarak jangkaun satu lengan pemukul dengan bola yang diumpan. Saat pemukul melayang dengan tangan siap memukul, pengumpan menyajikan bola didepan tangan pemukul. Lakukan dengan gerakan secepat-cepatnya, lakukan gerakan yang cepat pada pergelangan tangan untuk mendapatkan hasil yang baik. Loncatan yang dilakukan smasher adalah vertikal, jagalah keseimbangan tubuh saat melayang.

4. Straight smash

Sebelum melakukan gerakan awalan, smasher bergerak keluar lapangan mendekati tiang net. Smasher melakukan gerakan dengan arah paralel dengan jaring. Saat bola sampai ditepi jaring dengan ketinggian optimal bola, maka pemukul dengan secepatnya melompat dan memukul bola. Teknik ini dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan smash jenis semi.

5. Drive smash

Smash drive, smash yang biasa dilakukan saat bola jauh dari net, saat meloncat smasher berada didekat bawah bola, hal ini berbeda dengan loncatan saat melakukan smash normal. Bola yang akan dismash berada dibawah lengan bahu kanan pumukul. Gerak lecutan tangan dari arah depan atas yang diputar berlawanan arah jarum jam dan membentuk lengkungan cekung seperti sendok. Cambukan keras dari arah belakang dan aktifkan gerakan pergelangan tangan. Cambukan harus dibantu dengan otot² perut samping dan bahu. Akibatnya jalan bola akan panjang dan putaran bola menjauhi net. Bola bergerak dengan cepat dan tajam.

6. Dummy smash

Pemain melakukan gerakan sama pada waktu akan melakukan smash. saat kontak dengan bola, bola hanya disentuh dengan jari tangan. Lengan pemukul tetap bergerak dan bola diarahkan kearah daerah yang tidak terjaga menggunakan jari tangan. Bola dapat dilambungkan pendek atau panjang sesuai kondisi atau situasi.

7. Bola 3 meter

Smash bola 3 meter adalah smash yang dilakukan dibelakang garis serang, pemukul yang berfungsi sebagai pemain belakang tidak boleh sampai menginjak atau melewati garis serang. Tetapi saat pemukul mendarat, pemain bolah mendarat/jatuh menginjak atau masuk garis serang.

8. Kijang

Biasanya menggunakan umpan bola back. Pemukul bergerak dengan langkah panjang dan meloncat dengan satu kaki. Pemukul tangan kanan melakukan tolakan dengan kaki kiri.

9. Double Step

Smash double step adalah smash dengan gerakan tipuan disaat loncatan pertama yang digunakan untuk mengecoh blocker dan smash yang sebenarnya dilakukan di loncatan kedua. Loncatan pertama sebenarnya bukan loncatan tapi hanya gerakan yang seolah-olah akan meloncat.

10. Step L


Smash ini hanya berbeda pada gerakan awalannya dari smash normal. Pemukul melangkah kedepan lalu kesamping dan baru setelah itu melompat untuk melakukan smash.

9. 
Libero adalah pemain bertahan dalam bola voli yang bertugas untuk menerima ataupun menahan serangan lawan

10.

Dalam setiap regu terdapat 6 pemain bola voli yang berada di dalam lapangan, sedangkan jumlah pemain cadangan ada 4 orang.

11.
Lari jarakmenengah menempu jarak 800 - 3000 meter

12.
Lari jarak menengah 800 meter menggunakan start jongkok, sedangkan 1500 meter menggunakan start berdiri

13.
Lari 5000 meter tergolong lari jarak jauh

14.
- Gaya berjalan di udara
- Gaya jongkok
- Gaya menggantung

15.
Gaya berjalan di udara

16.
- Gaya dada / gaya katak
- Gaya bebas
- Gaya punggung
- Gaya kupu-kupu

17.
Benar

18.
1. Sikap tubuh dalam melakukan start renang gaya bebas, kedua ujung jari kaki dikaitkan pada bibir balok start.

2.Selanjutnya bungkukan badan dengan kedua lengan lurus kebelakang dan pandangan mata ke arah depan. Bungkukan badan ke dalam air dan lengan diayun ke belakang atas.

3.Selanjutnya ayunkan lengan ke arah depan sehingga tubuh terdorong ke depan.
Tolakan kaki secara kuat ke depan dengan cara meluruskan kedua lutut. Posisi badan saat melayang usahakan lurus atau rata-rata air dan kedua tangan lurus ke depan dengan posisi menjepit kedua telinga.

4.Selanjutnya masuk ke dalam air dimulai dari ujung jari tangan kepala, dan seluruh badan, pada saat menyentuh air, posisi badan usahan serata mungkin dengan permukaan air.

19.
Teknik Mengapung di Tepi Kolam
Persiapan
Peganglah tepi kolam dengan dua jari dari masing-masing tangan dan rapatkan perut pada dinding kolam.

Pelaksanaan
Tarik napas dalam-dalam dan tahan. Lepaskan pegangan dan masukkan tangan Anda kedalam air. Buka mata Anda secara perlahan-lahan menjauhi dinding. Punggung melengkung kebelakang. Bila tubuh sudah tenang didalam air, hembuskan napas dan ambil napas lagi melalui mulut dengan cepat. Ambilah napas sepenuhnya. Tahn selama 4 (empat (detik), hembuskan dan ambil napas sekali lagi. Biarkan kaki lurus. Julurkan tangan di dalam air, sampai sejajar dengan bahu. Kemudian, gerakkan.

Gerakkan akhir
Peganglah kembali tepi kolam dan berdirilah seperti semula

20.
Organisasi renang dunia FINA
Organisasi renang indonesia PRSI.




Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel