RPP DAN SILABUS BAHASA INDONESIA XI SMK SEM GENAP (K-13) - foldersoal.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan  : SMAK MAK..................
Kelas/Semester       : XI/2
Mata Pelajaran        : B.Indonesia
Materi Pokok          : Teks Film/drama (5)
Jumlah Pertemuan   : 2 X Pertemuan (4 X 45 Menit)

A.  Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama.
·         Menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi untuk menyajikan informasi lisan maupun tulisan melalui teks film/drama
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
·      Menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
3.      Mengevaluasi teks film/drama, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·      Mengevaluasi teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan.
4.      Mengonversi teks film/drama, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·         Mengonversi teks film/drama yang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
C.  Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat:
1.         Menjelaskan penggunaan bahasa sebagai sarana komunikasi melalui teks film/drama
2.         Mengunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
3.         Mengevaluasi teks film/drama
4.         Mengonversi teks film/drama
D.    Materi Pembelajaran
  1. Evaluasi struktur isi dan bahasa teks film/drama
  2. Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks cerpen
3.      Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks cerpen
E.     Alokasi Waktu
4X45 Menit (2 X Pertemuan)
F.     Metode Pembelajaran
Metode Problem Basic Learning, Project Basic Learning dan penugasan
G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.      Kegiatan pendahuluan (15 Menit)
1.      Peserta didik merespon salam yang diberikan oleh guru, setelah itu guru menyapa Peserta didik dengan menanyakan kabar
2.      Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan materi pembelajaran sebelumnya dengan teks film/drama
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.      Kegiatan Inti (60 Menit)
1.         Guru menampilkan contoh hasil evaluasi.
2.         Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama
3.         Peserta didik dan guru mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibaca
4.         Peserta didik membaca contoh  teks film/drama yang lain
5.         Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat
6.         Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi terhadap film/drama dari aspek struktur isi dan bahasa
7.         Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama dengan rasa percaya diri
8.         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
c.       Penutup (15 Menit)
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.      Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.      Peserta didik diberikan tugas membawa sebuah teks film/drama
Pertemuan kedua
a    Kegiatan pendahuluan (15 Menit)
1.        Peserta didik merespon salam yang diberikan oleh guru, setelah itu guru menyapa Peserta didik dengan menanyakan kabar
2.        Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan materi pembelajaran sebelumnya dengan teks film/drama
3.        Guru menyakan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
4.        Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b    Kegiatan Inti (60 Menit)
1.      Peserta didik duduk sesuai kelompok yang sudah tentukan.
2.      Peserta didik membaca teks film/drama yang dibawa
3.      Peserta didik dan guru mempertanyakan isi teks film/drama ulang yang dibaca
4.      Peserta didik menulis ulang teks film/drama dalam bentuk cerpen
5.      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks film/drama yang dikonversi menjadi cerpen
6.      Peserta didik mempresentasikan  hasil konversi teks film/drama yang telah berbentuk cerpen  
7.      Kelompok lain menanggapi presentasi teman/kelompok lainnya secara santun.
c    Penutup (15 Menit)
1.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.      Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.      Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya.
H.    Sumber Pembelajaran
Sumber               : Buku induk bahasa Indonesia dan internet
Media                 : Teks film/drama
I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Teknik                     : Tertulis
2.      Bentuk                    : Uraian
3.      Instrumen               : Soal tes
a.       Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5

Religius
Tanggung Jawab
Peduli
Responsif
Santun
Pengamatan
Proses
Format Pengamatan sikap (terlampir)
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi guru agama dan PKn

b.   Penilaian hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Mengevaluasi teks film/drama secara lisan dan tertulis
Tes
Tes Tertulis
Soal tes
Mengkonversi pantun secara lisan dan tertulis
Tes
Lembar kerja
Produk


         Soal Tes Tertulis
1.      Jelaskan kekurangan dan kelebihan teks film/drama tersebut!
2.      Tulislah langkah-langkah mengkonversi teks film/drama tersebut!
3.      Buatlah cerpen dari film tersebut!


Mengetahui                                         ..............’..................
Kepala Sekolah                                   Guru Mata Pelajaran




_________________                          ___________________

Download 

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel