Manfaat - foldersoal.com

adalah sebuah model pembelajaran dimana peserta didik belajar bekerja sama dalam sebuah kelompok untuk menyelesaikan tugas belajar (Modjiono, 1992:61), . Menurut Abu Ahmadi, (2004: 111) belajar kelompok merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk membahas suatu materi dalam pelajaran yang sedang dihadapinya.

Saat belajar kelompok ada suatu proses transfer ilmu yang melibatkan lebih dari satu orang, dimana antara orang yang satu dengan yang lain saling melengkapi. Belajar kelompok merupakan salah satu metode dalam belajar selain belajar secara individu dan juga belajar secara formal.

Ada hal-hal menarik yang di bicarakan saat kita berkumpul dengan teman-teman. Tidak hanya untuk bergurau atau sekedar bercengkrama. Namun juga dapat kita manfaatkan untuk belajar kelompok. Yaitu mempelajari suatu masalah secara bersama-sama, dapat melalui diskusi, tanya jawab, dan memecahkan masalah.

Adapun beberapa manfaat dari belajar kelompok adalah:

  1. Meningkatkan motivasi belajar. Belajar kelompok dapat menumbuhkan motivasi belajar seseorang.
  2. Lebih mudah dalam memecahkan masalah yang dipelajari, karena melibatkan pikiran dua atau banyak orang.
  3. Mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik.
  4. Membantu seseorang mengembangkan keterampilan khusus untuk upaya kolaboratif, yang memungkinkan seseorang untuk mengatasi masalah yang lebih kompleks daripada yang mereka bisa sendiri.
  5. Memperbaiki pemahaman melalui diskusi dan penjelasan
  6. Memberi dan menerima umpan balik
  7. Belajar merencanakan dan mengelola waktu
  8. Menghilangkan kebosanan. Belajar sendiri terkadang sangat membosankan. Namun, dengan belajar kelompok kita dapat berinteraksi bersama anggota kelompok lainnya sehingga membuat belajar lebih menyenangkan.
  9. Menumbuhkan rasa soasial
  10. Mengembangkan sikap dan kerja sama dalam sebuah komunitas atau tim
Sistem belajar kelompok di rumah bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap bahan belajar yang diberikan guru di sekolah. Tujuan tersebut jelas akan bermanfaat bagi siswa peserta diskusi kelompok.
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel