KISI-KISI PRETEST UKG SLB-PLB Tunadaksa 2017 - foldersoal.com
Sunday, January 5, 2014
Edit
No | deskripsi kompetensi inti | deskripsi guru mapel / keahlian | deskripsi indikator | Jenis |
1 | Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | Mengidentifikasi karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar, yang berkaitan dengan aspek fisik, mental, intelektual, emosional dan sosial, moral, dan latar belakang | Menentukan prosedur identifikasi anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
2 | Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | Melakukan identifikasi dan asesmen potensi peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar | Melakukan identifikasi potensi yang dimiliki anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
3 | Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. | Melakukan identifikasi dan asesmen kemampuan awal peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi | Melakukan identifikasi kemampuan awal anak anak berkebutuhan khusus | pedagogik |
4 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. | Menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran bagi anak anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
5 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. | Menyusun program pembelajaran PAIKEM bagi anak anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
6 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis | Mempraktikkan pembelajaran tematis. | pedagogik |
7 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum untuk peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa | Mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum bagi anak anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
8 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Menentukan tujuan mata pelajaran program kekhususan pada tingkat sekolah dasar luar biasa | Menentukan langkah-langkah prumusan program pengembangan diri. | pedagogik |
9 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa | Menetapkan pengalaman belajar bagi anak anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
10 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran | Mengidentifikasi materi ajar yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
11 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran | Menetapkan materi ajar yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus | pedagogik |
12 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran | Menyusun materi ajar yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
13 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran | Menetapkan program pengembangan diri yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus | pedagogik |
14 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran | Menyusun program pengembangan diri yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
15 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Memilih dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa | Mengidentifikasi media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus. | pedagogik |
16 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Memilih dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa | Menetapkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus | pedagogik |
17 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Memilih dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa | Membuat media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus | pedagogik |
18 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar | Melakukan kegiatan inti pembelajaran | pedagogik |
19 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu | Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar | Melakukan evaluasi pembelajaran | pedagogik |
20 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan | Mampu menerapkan/ melaksanakan model pembelajaran individual di kelas yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB | pedagogik |
21 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan | Mampu melaksanakan/ menerapkan prinsip pembelajaran yang mendidik di lapangan yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB. | pedagogik |
22 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Menggunakan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran | Mampu menggunakan instrumen penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kemampuan belajar anak anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB melalui prinsip-prinsip penilaian | pedagogik |
23 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Mampu melakukan penilaian dengan langkah dan prosedur yang benar | pedagogik |
24 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar | Mampu mengevaluasi ketercapaian target mutu yang telah ditetapkan dalam KTSP. | pedagogik |
25 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menjelaskan konsep dasar gerak | profesional |
26 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menguraikan jenis gerak manusia | profesional |
27 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menjelaskan tujuan bina gerak | profesional |
28 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menguraikan ruang lingkup bina gerak | profesional |
29 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menjelaskan asesmen gerak | profesional |
30 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menjelaskan ruang lingkup asesmen gerak | profesional |
31 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menguraikan prosedur asesmen gerak | profesional |
32 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menjelaskan cara melaksanakan asesmen gerak | profesional |
33 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menguraikan dampak dari hambatan anak dengan gangguan fisik dan motorik | profesional |
34 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak. | Menjelaskan proses terjadinya gerak | profesional |
35 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Menjelaskan prinsip pembelajaran bina gerak | profesional |
36 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Menjelaskan teknik pembelajaran bina gerak | profesional |
37 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Menjelaskan prosedur pembelajaran bina gerak | profesional |
38 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Mempraktekkan teknik permainan gerak pada anak tunadaksa | profesional |
39 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Menjelaskan teknik latihan fisik dalam pembelajaran bina gerak pada anak tunadaksa | profesional |
40 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Mempraktekkan pembelajaran gerak pindah diri | profesional |
41 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Mempraktekkan pembelajaran gerak koordinasi motorik kasar | profesional |
42 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Mempraktekkan pembelajaran gerak koordinasi motorik halus | profesional |
43 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Menjelaskan evaluasi pembelajaran bina gerak | profesional |
44 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Mengidenifikasi jenis permainan yang dapat diterapkan dalam program bina gerak | profesional |
45 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Menyebutkan permainan gerak bagi pengembangan motorik | profesional |
46 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Mengidentifikasi materi bina diri gerak | profesional |
47 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak | Menjelaskan fungsi pengembangan bina diri gerak | profesional |
48 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menguraikan pengembangan gerak anggota tubuh | profesional |
49 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menguraikan langkah-langkah gerak pernafasan | profesional |
50 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menguraikan langkah-langkah gerak pindah diri | profesional |
51 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menguraikan tentang pengembangan gerak koordinasi | profesional |
52 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menjelaskan berbagai macam alat bantu gerak | profesional |
53 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menjabarkan keterampilan menolong diri | profesional |
54 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menjabarkan keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi langsung | profesional |
55 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Mempraktekkan program bina diri gerak | profesional |
56 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menguraikan keterampilan bersosialiasi langsung dan tidak langsung | profesional |
57 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menguraikan keterampilan menyelamatkan diri dari bahaya yang mengancam dirinya | profesional |
58 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menjelaskan sarana prasarana bina diri gerak | profesional |
59 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menjelaskan keterampilan gerak keseimbangan tubuh | profesional |
60 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menjelaskan rambu-rambu pelaksanaan bia diri gerak | profesional |
61 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari | Menjabarkan prinsip-prinsip pembelajaran bina diri gerak | profesional |
62 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana. | Menjelaskan pengertian keterampilan vokasional sederhana bagi anak tunadaksa | profesional |
63 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana. | Mengembangkan model-model pembelajaran vokasional bagi anak tunadaksa | profesional |
64 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana. | Menggunakan prinsip-prinsip pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak anak berkebutuhan khusus. | profesional |
65 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana. | Menggunakan teknik pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunadaksa | profesional |
66 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana. | Menentukan jenis evaluasi yang cocok dengan bidang pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB. | profesional |
67 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan | Mampu menyusun laporan hasil PTK dalam pembelajaran pengembangan diri | profesional |
68 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif | Mengikuti kemajuan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni dengan belajar dari berbagai sumber | Mampu memilih berbagai sumber yang berkaiatan dengan pengembangan ilmu | profesional |
69 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana. | Menggunakan prosedur pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak anak berkebutuhan khusus. | profesional |
70 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana. | Menentukan strategi pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB. | profesional |
71 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana. | Menyusun program pembelajaran vokasional bagi anak tunadaksa | profesional |
72 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif | Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus | Mampu merumuskan refleksi tehadap kinerja diri sendiri | profesional |
73 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif | Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan | Mampu merencanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan | profesional |
74 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif | Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan | Mampu melaksanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan | profesional |
75 | Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan | Mampu menyusun proposal PTK dalam pembelajaran pengembangan diri | profesional |
76 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi | Memanfaatkan media interaktif dalam berkomunikasi (penggunaan sosial media dalam berkomunikasi) | profesional |
77 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi | Mampu mengoperasikan operating system (OS) pada PC. | profesional |
DOWNLOAD Berbagai Sumber