KISI-KISI PRETEST UKG-SD-Seni Budaya 2017 - foldersoal.com
Sunday, January 5, 2014
Edit
No | deskripsi kompetensi inti | deskripsi guru mapel / keahlian | deskripsi indikator | Jenis |
1 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengidentifikasi unsur rupa | profesional |
2 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | profesional |
3 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif | profesional |
4 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menerapkan karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menggunting/menyobek | profesional |
5 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menerapkan karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel | profesional |
6 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menerapkan karya seni rupa dua dimensi dengan teknik cetak tunggal | profesional |
7 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul | profesional |
8 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menerapkan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi | profesional |
9 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menerapkan sikap apresiatif terhadap karya rupa | profesional |
10 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri | profesional |
11 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat | profesional |
12 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menerapkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi | profesional |
13 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menerapkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | profesional |
14 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif | profesional |
15 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menerapkan hiasan/warna pada benda tiga dimensi | profesional |
16 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menguasai struktur gerak tari berdasarkan elemen-lemen gerak anggota tubuh | profesional |
17 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menguasai stuktur gerak tari berdasarkan tari daerah setempat | profesional |
18 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menentukan konsep tari sesuia dengan rangsang bunyi | profesional |
19 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menjabarkan konsep tari sesui dengan tema tari | profesional |
20 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menganalisis tempo,tell/ ketukan pada lagu | profesional |
21 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menemukan ketukan kuat pada lagu | profesional |
22 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Membandingkan ketukan kuat dan ketukan lemah pada lagu | profesional |
23 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menganalisis birama lagu | profesional |
24 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Membandingkan karakter birama 2/4, 3/4 dan 4/4 dalam lagu | profesional |
25 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menganalisis bentuk, nilai not, nilai tanda diam dan fungsi atribut dalam notasi musik | profesional |
26 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menganalisa tangganada dan wilayah nada | profesional |
27 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menganalisis penulisan notasi musik dalam not angka | profesional |
28 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menganalisis penulisan notasi musik dalam not balok. | profesional |
29 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menganalisis tinggi rendah nada. | profesional |
30 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menganalisis pembacaan notasi musik baik notasi angka maupun notasi balok | profesional |
31 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menganalisis jenis-jenis irama lagu | profesional |
32 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menentukan bahan alami di lingkungan sekitar untuk pembuatan produk pada pembelajaran keterampilan | profesional |
33 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menentukan bahan sintetis untuk pembuatan produk pada pembelajaran keterampilan | profesional |
34 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menentukan bahan keras untuk pembuatan produk kerajinan | profesional |
35 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menentukan alat yang digunakan dalam pembuatan produk ketrampilan | profesional |
36 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Menentukan teknik pengolahan limbah anorganik untuk pembuatan kerajinan. | profesional |
37 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengidentifikasi teknik pembuatan warna dari bahan alam | profesional |
38 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengidentifikasi jenis-jenis zat warna sintetis | profesional |
39 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat | profesional |
40 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menerapkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara | profesional |
41 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Melakukan eksplorasi gerak tari sesuai dengan tema | profesional |
42 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menyusun gerak tari berdasarkan tari daerah | profesional |
43 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Membuat pola lantai gerak tari daerah | profesional |
44 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Memperagakan gerak tari sesuai dengan level | profesional |
45 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Melakukan gerak tari sesui dengan gerak tari daerah | profesional |
46 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Mengidentifikasi tari dalam menggunakan busana dalam tari daerah | profesional |
47 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | mengidentifikasi tari daerah dalam menggunakan property | profesional |
48 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | memperagakan tari daerah dengan menggunakan iringan | profesional |
49 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Mengidentifikasi tari daerah dalam menggunakan tata pannggung | profesional |
50 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Mengidentifikasi cerita dalam penyusunan karya tari | profesional |
51 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menerapkan struktur pembelajaran Seni Tari | profesional |
52 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menentukan konsep garapan tari sesuai dengan tema | profesional |
53 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menganalisis pola pikir tari berdasarkan level dan pola lantai | profesional |
54 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menentukan tempo,tell/ ketukan pada lagu | profesional |
55 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Mendeteksi birama lagu | profesional |
56 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Melatih pembacaan notasi musik baik notasi angka maupun notasi balok | profesional |
57 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Membedakan jenis-jenis irama lagu | profesional |
58 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menganalisis ansamble ritmis sederhana | profesional |
59 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Memilih bahan alami di lingkungan sekitar untuk pembuatan produk kerajinan sebagai benda pakai | profesional |
60 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menerapkan bahan lunak untuk pembuatan produk kerajinan sebagai benda hias dan benda pakai | profesional |
61 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menerapkan limbah anorganik yang ada di lingkungan sekitar untuk pembuatan benda kerajinan yang digerakkan angin | profesional |
62 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Memilih bahan sintetis untuk pembuatan produk kerajinan sebagai benda pakai | profesional |
63 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menerapakan bahan tali untuk pembuatan produk kerajinan dengan teknik makrame | profesional |
64 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menghias kain dengan teknik ikat | profesional |
65 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Memilih bahan pewarna alam untuk pewarnaan kain | profesional |
66 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menerapkan teknik pembuatan batik tulis | profesional |
67 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Mencampur zat warna napthol sesuai prosedur | profesional |
68 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Menerapkan teknik pewarnaan batik dengan zat warna napthol | profesional |
69 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. | Memproses penghilangan lilin secara keseluruhan dengan cara direbus/lorod | profesional |
70 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan | pedagogik |
71 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. | Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya | pedagogik |
72 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam mata pelajaran yang diampu | Mengidentifikasi bakat peserta didik | pedagogik |
73 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam mata pelajaran yang diampu | Mengidentifikasi keterampilan sosial peserta didik | pedagogik |
74 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam mata pelajaran yang diampu | Menganalisis kesulitan dalam mengikuti pelajaran di sekolah. | pedagogik |
75 | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam mata pelajaran yang diampu | Mengidentifikasi Faktor psikologis seseorang dapat memengaruhi proses belajar. | pedagogik |
76 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu | Menentukan prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran di SD/MI | pedagogik |
77 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu | Mendeskripsikan pendekatan dan strategi pembelajaran dalam mata pelajaran seni budaya | pedagogik |
78 | Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu | Merancang kegiatan pembelajaran sesuai karakteristik mata pelajaran | pedagogik |
79 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. | Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu | Menganalisis kesesuaian indikator pembelajaran dengan kompetensi dasar | pedagogik |
80 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. | Memilih materi tujuan pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.. | Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan | pedagogik |
81 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | pedagogik |
82 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan | Melaksanakan pembelajaran pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan sesuai rambu-rambu kurikulum yang berlaku | pedagogik |
83 | Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. | Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh | Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran seni budaya SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh | pedagogik |
84 | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. | Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu | Mengidentifikasi jenis-jenis media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran | pedagogik |
85 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal. | Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik | pedagogik |
86 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal. | Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik | pedagogik |
87 | Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. | Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya | Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi minat untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik | pedagogik |
88 | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. | Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, untuk ambil bagian dal | Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun | pedagogik |
89 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu | Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan mata pelajaran seni budaya SD/MI. | pedagogik |
90 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar | pedagogik |
91 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Memvalidasi instrumen yang akan digunakan | pedagogik |
92 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar | Menentukan teknik evaluasi proses dan hasil belajar | pedagogik |
93 | Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. | Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar | Menerapkan teknik evaluasi proses dan hasil belajar | pedagogik |
94 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan bela- jar | Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukan | pedagogik |
95 | Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. | Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan | Merancang program remedial dengan menggunakan hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran | pedagogik |
96 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. | pedagogik |
97 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait mata pelajaran seni budaya SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK. | pedagogik |
98 | Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. | Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | Merumuskan masalah di kelas terkait mata pelajaran seni budaya SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK | pedagogik |
99 | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. | Mengapresiasi karya seni rupa | profesional |
100 | Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. | Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu | Memilih pengalaman belajar yang sesuai dengan mata pelajaran seni budaya | pedagogik |
DOWNLOAD Berbagai Sumber