6 Macam Penggolongan Kas Bank - foldersoal.com

Kas bank dapat digolongkan menjadi 6, Yaitu: Kas terdiri dari uang kertas dan uang logam, cek yg belum disetorkan, simpanan dalam bentuk giro, traveller’s checks, cashier’s checks, Bank draft, dan money order.

1.  Uang Kertas & Uang Logam

Uang kertas dan uang logam disebut juga uang kartal.  Adalah alat bayar yang sah dan dipakai  oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli sehari-hari.

2.  Giro

Giro adalah suatu istilah perbankan untuk suatu cara pembayaran yang hampir merupakan kebalikan dari sistem cek. Jika cek digunakan untuk mengambil uang di bank dengan cara menukarkan cek tersebut  di bank.  Sedangkan Giro adalah surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening seseorang kepada rekening lain yang ditunjuk surat tersebut.

3.  Traveller Cheques (cek perjalanan)

Cek adalah alat pembayaran semacam cek yang diciptakan untuk orang bepergian dan dapat diuangkan pada kantor bank yang mengeluarkan atau pada pihak yang ditunjuk.

4. Bank Draft

adalah surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank penerbit draft tersebut kepada pihak lainnya (tertarik) untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang tertentu atau orang yang ditunjuknya pada waktu yang telah ditentukan. Bank draft ini adalah cek namun sumber dana pembayarannya adalah berasal dari rekening bank penerbit bukan dari rekening nasabah perorangan.
Keuntungan  dan kekurangan Bank Draft :
Keuntungan menggunakan bank draft adalah Lebih aman dari uang tunai karena jika Bank Draft tersebut hilang / dicuri, pemilik dapat melakukan stop payment. Uang akan dikembalikan atau dapat juga menerbitkan Bank Draft yang baru.  Sedangkan kelemahannya adalah cek bank draft  tersebut dapat menjadi tidak bernilai apabila dana sipenerbit cek tidak mencukupi saldonya dan cek tersebut akan dikembalikan kepada kreditur oleh bank dan si penerima cek akan menghadapi risiko tidak memperoleh pembayaran.

5. Chashier’sCheks

Chashier’sCheks atau cek kasir adalah cek yang dijamin oleh bank, ditarik dari dana bank sendiri dan ditandatangani oleh kasir. Cek kasir diperlakukan sebagai dana yang terjamin karena bank, bukan pembeli.

6. Money Order

adalah Surat yang memuat perintah dari satu kantor lain, agen suatu bank, kantor pos, atau lembaga keuangan untuk membayar sejumlah uang kepada penerima pembayaran, yang ditunjuk didalam Surat Perintah Pembayaran.
Money order  dapat dibeli di lokasi Kantor Pos manapun. Anda dapat mengirim hingga $ 1.000 ke tujuan di Amerika Serikat. Bayar uang Anda dengan uang tunai, kartu debit, atau cek perjalanan. Ada sedikit biaya untuk setiap pesanan uang yang Anda kirim.


Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel